Total Tayangan Laman

Sabtu, 03 Oktober 2009

Vulkanisme



Semua gejala di dalam bumi sebagai akibat adanya aktivitas magma disebut vulkanisme. Gerakan magma itu terjadi karena magma mengandung gas yang merupakan sumber tenaga magma untuk menekan batuan yang ada di sekitarnya.

Lalu apa yang disebut magma? Magma adalah batuan cair pijar bertemperatur tinggi yang terdapat di dalam kulit bumi, terjadi dari berbagai mineral dan gas yang terlarut di dalamnya. Magma terjadi akibat adanya tekanan di dalam bumi yang amat besar, walaupun suhunya cukup tinggi, tetapi batuan tetap padat. Jika terjadi pengurangan tekanan, misalnya adanya retakan, tekanannya pun akan menurun sehingga batuan tadi menjadi cair pijar atau disebut magma.


Magma bisa bergerak ke segala arah, bahkan bisa sampai ke permukaan bumi. Jika gerakan magma tetap di bawah permukaan bumi disebut intrusi magma. Sedangkan magma yang bergerak dan mencapai ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma. Ekstrusi magma inilah yang menyebabkan gunung api atau disebut juga vulkan.

Hal ini berarti intrusi magma tidak mencapai ke permukaan bumi. Mungkin hanya sebagian kecil intrusi magma yang bisa mencapai ke permukaan bumi. Namun yang perlu diingat bahwa intrusi magma bisa mengangkat lapisan kulit bumi menjadi cembung hingga membentuk tonjolan berupa pegunungan. Secara rinci, adanya intrusi magma (atau disebut plutonisme) menghasilkan bermacam-macam bentuk (perhatikan gambar penampang gunung api), yaitu:

1. Batolit adalah batuan beku yang terbentuk di dalam dapur magma, sebagai akibat penurunan suhu yang sangat lambat.
2. Lakolit adalah magma yang menyusup di antara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sehingga menyerupai lensa cembung, sementara permukaan atasnya tetap rata.
3. Keping intrusi atau sill adalah lapisan magma yang tipis menyusup di antara lapisan batuan.
4. Intrusi korok atau gang adalah batuan hasil intrusi magma memotong lapisan-lapisan litosfer dengan bentuk pipih atau lempeng.
5. Apolisa adalah semacam cabang dari intrusi gang namun lebih kecil.
6. Diatrema adalah batuan yang mengisi pipa letusan, berbentuk silinder, mulai dari dapur magma sampai ke permukaan bumi.

penampang gunung api

Tentunya Anda masih ingat bahwa jika aktivitas magma mencapai ke permukaan bumi, maka gerakan ini dinamakan ekstrusi magma. Jadi ekstrusi magma adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi. Ekstrusi magma inilah yang menyebabkan terjadinya gunung api. Ekstrusi magma tidak hanya terjadi di daratan tetapi juga bisa terjadi di lautan. Oleh karena itu gunung berapi bisa terjadi di dasar lautan.

Secara umum ekstrusi magma dibagi dalam tiga macam, yaitu:

1. Ekstrusi linier, terjadi jika magma keluar lewat celah-celah retakan atau patahan memanjang sehingga membentuk deretan gunung berapi. Misalnya Gunung Api Laki di Eslandia, dan deretan gunung api di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
2. Ekstrusi areal, terjadi apabila letak magma dekat dengan permukaan bumi, sehingga magma keluar meleleh di beberapa tempat pada suatu areal tertentu. Misalnya Yellow Stone National Park di Amerika Serikat yang luasnya mencapai 10.000 km persegi.
3. Ekstrusi sentral, terjadi magma keluar melalui sebuah lubang (saluran magma) dan membentuk gunung-gunung yang terpisah. Misalnya Gunung Krakatau, Gunung Vesucius, dan lain-lain.

Berdasarkan sifat erupsi dan bahan yang dikeluarkannya, ada 3 macam gunung berapi sentral, yaitu:

1. Gunung api perisai. Gunung api ini terjadi karena magma yang keluar sangat encer. Magma yang encer ini akan mengalir ke segala arah sehingga membentuk lereng sangat landai. Ini berarti gunung ini tidak menjulang tinggi tetapi melebar. Contohnya: Gunung Maona Loa dan Maona Kea di Kepulauan Hawaii.
2. Gunung api maar. Gunung api ini terjadi akibat adanya letusan eksplosif. Bahan yang dikeluarkan relatif sedikit, karena sumber magmanya sangat dangkal dan sempit. Gunung api ini biasanya tidak tinggi, dan terdiri dari timbunan bahan padat (efflata). Di bekas kawahnya seperti sebuah cekungan yang kadang-kadang terisi air dan tidak mustahil menjadi sebuah danau. Misalnya Danau Klakah di Lamongan atau Danau Eifel di Prancis.
3. Gunung api strato. Gunung api ini terjadi akibat erupsi campuran antara eksplosif dan efusif yang bergantian secara terus menerus. Hal ini menyebabkan lerengnya berlapis-lapis dan terdiri dari bermacam-macam batuan. Gunung api inilah yang paling banyak ditemukan di dunia termasuk di Indonesia. Misalnya gunung Merapi, Semeru, Merbabu, Kelud, dan lain-lain.

ROCK CYCLE / SIKLUS BATUAN


Sebelumnya kita sudah tahu bahwa di bumi ada tiga jenis batuan yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Ketiga batuan tersebut dapat berubah menjadi batuan metamorf tetapi ketiganya juga bisa berubah menjadi batuan lainnya. Semua batuan akan mengalami pelapukan dan erosi menjadi partikel-partikel atau pecahan-pecahan yang lebih kecil yang akhirnya juga bisa membentuk batuan sedimen. Batuan juga bisa melebur atau meleleh menjadi magma dan kemudian kembali menjadi batuan beku. Kesemuanya ini disebut siklus batuan atau ROCK CYCLE.

weathering.jpgSemua batuan yang ada di permukaan bumi akan mengalami pelapukan. Penyebab pelapukan tersebut ada 3 macam:

1. Pelapukan secara fisika: perubahan suhu dari panas ke dingin akan membuat batuan mengalami perubahan. Hujan pun juga dapat membuat rekahan-rekahan yang ada di batuan menjadi berkembang sehingga proses-proses fisika tersebut dapat membuat batuan pecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi.
2. Pelapukan secara kimia: beberapa jenis larutan kimia dapat bereaksi dengan batuan seperti contohnya larutan HCl akan bereaksi dengan batu gamping. Bahkan air pun dapat bereaksi melarutan beberapa jenis batuan. Salah satu contoh yang nyata adalah “hujan asam” yang sangat mempengaruhi terjadinya pelapukan secara kimia.
3. Pelapukan secara biologi: Selain pelapukan yang terjadi akibat proses fisikan dan kimia, salah satu pelapukan yang dapat terjadi adalah pelapukan secara biologi. Salah satu contohnya adalah pelapukan yang disebabkan oleh gangguan dari akar tanaman yang cukup besar. Akar-akar tanaman yang besar ini mampu membuat rekahan-rekahan di batuan dan akhirnya dapat memecah batuan menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

erosion.jpgSetelah batuan mengalami pelapukan, batuan-batuan tersebut akan pecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi sehingga mudah untuk berpindah tempat. Berpindahnya tempat dari partikel-partikel kecil ini disebut erosi. Proses erosi ini dapat terjadi melalui beberapa cara:

1. Akibat grafitasi: akibat adanya grafitasi bumi maka pecahan batuan yang ada bisa langsung jatuh ke permukaan tanah atau menggelinding melalui tebing sampai akhirnya terkumpul di permukaan tanah.
2. Akibat air: air yang melewati pecahan-pecahan kecil batuan yang ada dapat mengangkut pecahan tersebut dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu contoh yang dapat diamati dengan jelas adalah peranan sungai dalam mengangkut pecahan-pecahan batuan yang kecil ini.
3. Akibat angin: selain air, angin pun dapat mengangkut pecahan-pecahan batuan yang kecil ukurannya seperti halnya yang saat ini terjadi di daerah gurun.
4. Akibat glasier: sungai es atau yang sering disebut glasier seperti yang ada di Alaska sekarang juga mampu memindahkan pecahan-pecahan batuan yang ada.

deposition.jpgPecahan-pecahan batuan yang terbawa akibat erosi tidak dapat terbawa selamanya. Seperti halnya sungai akan bertemu laut, angin akan berkurang tiupannya, dan juga glasier akan meleleh. Akibat semua ini, maka pecahan batuan yang terbawa akan terendapkan. Proses ini yang sering disebut proses pengendapan. Selama proses pengendapan, pecahan batuan akan diendapkan secara berlapis dimana pecahan yang berat akan diendapkan terlebih dahulu baru kemudian diikuti pecahan yang lebih ringan dan seterusnya. Proses pengendapan ini akan membentuk perlapisan pada batuan yang sering kita lihat di batuan sedimen saat ini.

compaction.jpgPada saat perlapisan di batuan sedimen ini terbentuk, tekanan yang ada di perlapisan yang paling bawah akan bertambah akibat pertambahan beban di atasnya. Akibat pertambahan tekanan ini, air yang ada dalam lapisan-lapisan batuan akan tertekan sehingga keluar dari lapisan batuan yang ada. Proses ini sering disebut kompaksi. Pada saat yang bersamaan pula, partikel-partikel yang ada dalam lapisan mulai bersatu. Adanya semen seperti lempung, silika, atau kalsit diantara partikel-partikel yang ada membuat partikel tersebut menyatu membentuk batuan yang lebih keras. Proses ini sering disebut sementasi. Setelah proses kompaksi dan sementasi terjadi pada pecahan batuan yang ada, perlapisan sedimen yang ada sebelumnya berganti menjadi batuan sedimen yang berlapis-lapis. Batuan sedimen seperti batu pasir, batu lempung, dan batu gamping dapat dibedakan dari batuan lainnya melalui adanya perlapisan, butiran-butiran sedimen yang menjadi satu akibat adanya semen, dan juga adanya fosil yang ikut terendapkan saat pecahan batuan dan fosil mengalami proses erosi, kompaksi dan akhirnya tersementasikan bersama-sama.

metamorphism.jpgPada kerak bumi yang cukup dalam, tekanan dan suhu yang ada sangatlah tinggi. Kondisi tekanan dan suhu yang sangat tinggi seperti ini dapat mengubah mineral yang dalam batuan. Proses ini sering disebut proses metamorfisme. Semua batuan yang ada dapat mengalami proses metamorfisme. Tingkat proses metamorfisme yang terjadi tergantung dari:

1. Apakah batuan yang ada terkena efek tekanan dan atau suhu yang tinggi.
2. Apakah batuan tersebut mengalami perubahan bentuk.
3. Berapa lama batuan yang ada terkena tekanan dan suhu yang tinggi.

melting.jpgDengan bertambahnya dalam suatu batuan dalam bumi, kemungkinan batuan yang ada melebur kembali menjadi magma sangatlah besar. Ini karena tekanan dan suhu yang sangat tinggi pada kedalaman yang sangat dalam. Akibat densitas dari magma yang terbentuk lebih kecil dari batuan sekitarnya, maka magma tersebut akan mencoba kembali ke permukaan menembus kerak bumi yang ada. Magma juga terbentuk di bawah kerak bumi yaitu di mantle bumi. Magma ini juga akan berusaha menerobos kerak bumi untuk kemudian berkumpul dengan magma yang sudah terbentuk sebelumnya dan selanjutnya berusaha menerobos kerak bumi untuk membentuk batuan beku baik itu plutonik ataupun vulkanik.

extrusive.jpgKadang-kadang magma mampu menerobos sampai ke permukaan bumi melalui rekahan atau patahan yang ada di bumi. Pada saat magma mampu menembus permukaan bumi, maka kadang terbentuk ledakan atau sering disebut volcanic eruption. Proses ini sering disebut proses ekstrusif. Batuan yang terbentuk dari magma yang keluar ke permukaan disebut batuan beku ekstrusif. Basalt dan pumice (batu apung) adalah salah satu contoh batuan ekstrusif. Jenis batuan yang terbentuk akibat proses ini tergantung dari komposisi magma yang ada. Umumnya batuan beku ekstrusif memperlihatkan cirri-ciri berikut:

1. Butirannya sangatlah kecil. Ini disebabkan magma yang keluar ke permukaan bumi mengalami proses pendinginan yang sangat cepat sehingga mineral-mineral yang ada sebagai penyusun batuan tidak mempunyai banyak waktu untuk dapat berkembang.
2. Umumnya memperlihatkan adanya rongga-rongga yang terbentuk akibat gas yang terkandung dalam batuan atau yang sering disebut “gas bubble”.

intrusive.jpgBatuan yang meleleh akibat tekanan dan suhu yang sangat tinggi sering membentuk magma chamber dalam kerak bumi. Magma ini bercampur dengan magma yang terbentuk dari mantle. Karena letak magma chamber yang relatif dalam dan tidak mengalami proses ekstrusif, maka magma yang ada mengalami proses pendinginan yang relatif lambat dan membentuk kristal-kristal mineral yang akhirnya membentuk batuan beku intrusif. Batuan beku intrusif dapat tersingkap di permukaan membentuk pluton. Salah satu jenis pluton terbesar yang tersingkap dengan jelas adalah batholit seperti yang ada di Sierra Nevada – USA yang merupakan batholit granit yang sangat besar. Gabbro juga salah satu contoh batuan intrusif. Jenis batuan yang terbentuk akibat proses ini tergantung dari komposisi magma yang ada. Umumnya batuan beku intrusif memperlihatkan cirri-ciri berikut:

1. Butirannya cukup besar. Ini disebabkan magma yang keluar ke permukaan bumi mengalami proses pendinginan yang sangat lambat sehingga mineral-mineral yang ada sebagai penyusun batuan mempunyai banyak waktu untuk dapat berkembang.
2. Biasanya mineral-mineral pembentuk batuan beku intrusif memperlihatkan angular interlocking.

Proses-proses inilah semua yang terjadi dimasa lampau, sekarang, dan yang akan datang. Terjadinya proses-proses ini menjaga keseimbangan batuan yang ada di bumi.

Referensi :

*
Oxford University Museum - http://www.oum.ox.ac.uk/

Jumat, 02 Oktober 2009

SAHABAT = KITA (JLO)


JLO

hahahaha kalaw mau mengusik sejarahnya,,
gw jadi malu sendiri..
hahai

Mungkin gag pernah ada dibenak kita untuk mengenal yang namanya Patar Renova Aven Yudha Fina Anne Marthina Mauren Ricardo MIchael Jepri Lola Domu Cea Oyen Ellen bahkan Golda !!
walaupun ada sebagian dari kita yang berasal dari 1 smp yang sama.

Well kedekatan kita dimulai mungkin saat reat-ret !!
yang gw inget sih waktu pada ngumpul di gazebo pinggir kolam !!
n yang gw inget juga waktu sebagian dari kalian berencana untuk ceburin gw kekolam tapi gagal!!

trus berlanjut deh biz birthdaynya mauren yang kita keliaran malem-malem !!

Tapi mau tau nama JLO tercetus kapan ??

Dulu ada anak" yang bernama
Patar Cea Ova dan Aven
kalian tau apa??
mereka cabut dari tempat les tiap hari kamis !!
tepatnya malam jum'at(dah kjaya setan aja)
tapi bukan saat itu tercetusnya nama JLO

nama JLO tercetus saat Ricardo ikut nimbrung cabut sama kita"
pas itu gw n cea punya ide bwt bikin Pin !!
nah bikin Pin tapi ga tau tulisanya apa??
tiba" otak briliant gw berkata : JLO aja ce!! JesusLOver !!

dan dari situlah berawal nama JLo..

Tapi emang ga bisa dipungkiri persahabatan kita ada asem manisnya..

ni kisah Asemnya :
Patar vs Ricardo (masalah apusan)
Jepri vs Ricardo (masalah taruhan)
Ova vs Ricardo (masalah apa ya?? gw lupa!! cinta kali)
Michael vs Ellen
banyak deh!!
capek gw nyebutinya !!

tapi banyak banget hal manis yang kia dapet !!
dari mulai kita buat drama natal yang dadakan
dateng n kasih kado ketiap" personil JLO
main kegading tiap minggunya
main ke kota tua
keluyuran malem"
ketilang
ban bocor
kunci motor ketinggalan
Kedufan
Ragunan
Duet maut Patar n Oyen
Penipuan STNK mauren n patar (actingnya keren bgt berdua)

dll.

itulah kita
dan kita adalah Sahabat !!
gw pengen deh liad ga ada lagi perselisihan di JLO (tapi ga seru klw ga ada yang berantem)
hehe

pokoknya keep contact ya guys !!
jangan ngilang gitu aja !!

God bless n miss you

thanks to:
Ibu jeni gaja (yang mempertemukan kita)
Manajemen Mall Kelapa Gading (tempat kerusuhan kita)
Orang" yang terganggu atas suara patar n oyen
Tukang parkir yang jagain motor kita.

Jangan lelah baca tulisan gw!!
jari gw lagi hobby menari diatas keyboard

Cerita anak bangsa yang mengharumkan nama indonesia di Asia song festival 2009


Asia song Festival !!


Festival Lagu asia !!

Ya festival ini merupakan festival rutin yang diadakan tiap Tahunnya !!
Sejak tahun 2008 s/d 2009 satu-satunya wakil Indonesia adalah Agnes monica
entah knp pihak ASF terkesan Ketagihan dengan INDONESIAN POP PRINCESS ini..

apa yang menarik dari Agnes di ASF tahun ini??

banyak hal,,
diantaranya dia berhasil menyanyikan 2 lagu ciptaanya sendiri yaitu

Shake it off (yang musiknya indonesia banget)
dan lagu baru berjudul TEMPERATURE ( Agnes selalu mengeluarkan lagu barunya di acara ini )

Dan yang membanggakan Adalah tiap dia nyanyi antusias penonton di korea sangat tinggi...
terlebih lagi tiap dia perform bendera INDONESIA pun berkibar dilayar TV (walau tidak disiarkan di Tv indonesia)

Ketika Agnes diminta tuk menyanyikan lagu HEAL THE WORLD oleh pihak ASF secara mendadak (2 hari sebelum acara)
Agnes pun setuju,,karna dia selalu ingin memberikan yang terbaik untuk fansnya(terlebih Agnes juga merupakan fans MJ)..
dan apa hasilnya??
Seluruh penonton Ikut menyanyikan lagu ini..


hingga diakhir acara Agnes diminta lagi untuk membawakan lagu ini bersama dengan Kontestan lain (kembali Agnes menjadi trendsetter di acara ini)
tapi apa hasilnya??
Kontestan lain terlihat seperti backing vokal saja,karna hanya Agnes yang fasih membawakan lagu ini (huuuu Indonesian singer is the best)
bahkan SNSD dan beberapa kontestan lain ingin berduet dengan Agnes kelak dilain kesempatan..

dan Di youtube sangat terlihat bahwa para Fans SNSD berharap Idola mereka dapat berduet dengan penyanyi Indonesia Agnes monica..

Sungguh diajang ini Agnes lah ratunya..

Hingga diakhir acara dia mendapatkan 2 pengharagaan:
THE BEST ASIAN SINGER
THE BEST PERFORMANCE (yang tahun lalu juga berhasil dia raih)

tidak hanya itu..
ketika video dari YOUTUBE saya share ke teman saya yang berada di Otawa-Canada

dia berkata :

DAMN
HOW GREAT IS HER VOCALS !!
IS SHE JAPAN/KOREA SINGERS??

I THINK HER COUNTRY SHOULD BE PROUD OF HER !!
I LOVE HER VOICE AND I THINK SHE IS THE BEST IN THAT FESTIVAL RIGHT??

dan ketika saya jawab :

NO, SHE IS INDONESIANS !!

dan berkata lah dia :
SO MUCH TALENT IN INDONESIA !!
I THINK YOUR COUNTRY COULD BE THE BEST IN THE NEXT !!

SO!!
COULD YOU GIVE ME AGNES FACEBOOK OR ANYOTHER SOCIAL LINK FOR ME??

saya hanya mengungkapkan ke kaguman saya terhadap dia yang telah mengharumkan nama INDONESIA dengan caranya sendiri..
kalaw penasaran liad aja di YT